Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Selasa, 16 September 2014

KITAB SUCI DAN HIDUP KELUARGA

KITAB SUCI DAN HIDUP KELUARGA
(Kunjungan Pastor Simeon, SVD sebagai Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Merauke
di Lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam - Paroki Katedral St. F.X. Merauke)


















  

Foto : Pastor Simeon Bera Muda, SVD sedang memberikan doroangan pemahaman tentang KS kepada umat

Sesuai dengan Kelender Liturgi dalam Gereja Katolik telah dikhususkan Bulan September sebagai bulan Kitab Suci Nasional. Penyambutan pembukaan bulan kitab suci nasional khusus di Paroki Katedral St. Fransiskus Xaverius Merauke selalu diawali dengan Perayaan Misa Kudus. Selanjutnya gerakan iman bersama dilakukan disetiap lingkungan-lingkungan yang ada dalam wilayah Paroki Katedral dalam bentuk Pendalaman Iman Umat dengan mendalami Kitab Suci sesuai dengan bahan panduan yang telah disiapkan oleh Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Merauke.

Dalam setiap tahun berjalan, Bulan September sebagai bulan kitab suci nasional selalu mendapat tempat istimewa di setiap hati keluarga besar umat lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam. Umat lingkungan secara bersama-sama baik orang tua, orang muda dan anak-anak datang  berkumpul dan mendalami, merenungkan serta berbagi pengalaman hidup diantara umat yang hadir lewat Pendalaman Kitab Suci. Bulan kitab Suci Nasional selalu mendapat tempat khusus dihati setiap umat baik secara pribadi, di dalam keluarga-keluarga maupun secara bersama sebagai kesatuan umat beriman di Lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam.

Pada kesempatan yang sangat baik di khusus awal bulan September yang merupakan  bulan Kitab Suci Nasional ini, tepatnya pada hari Rabu, 3 September 2014; Lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam mendapat kunjungan istimewa dari Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Merauke oleh Pastor Simeon, SVD.

Pertemuan Pendalaman Kitab Suci di laksanakan disalah satu rumah umat Lingkungan yakni keluarga Bapak Marselus Karung dan dihadiri oleh sekitar 50 lebih umat yang terdiri dari;  para orang tua/ibu-bpk, Orang Muda dan anak-anak. Dalam Pertemuan tersebut, Pastor Simeon, SVD menghantar umat menuju ke suatu refleksi iman dalam Kitab Suci dengan melibatkan umat lingkungan sebagai petugas dalam mendaraskan bacaan-bacaan, lagu, doa-doa sesuai dengan panduan yang telah disiapkan oleh Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Merauke.

Dalam sapaan kasihnya, Pastor mengajak umat lingkungan untuk sungguh mencintai Kitab Suci bukan saja pada bulan September tetapi dalam seluruh kehidupan kita dan selalu setiap hari punya waktu untuk membuka dan membaca sabda Tuhan  yang adalah penuntun dan pedoman hidup kita umat beriman yang mengimani Kristus Tuhan. Pastor juga menyapa umat lingkungan untuk menyiapkan dua bulan yang bisa dijalankan secara rangkaian yakni bulan September sebagai bulan kitab suci nasional dan bulan oktober sebagai bulan Rosario. Dijelaskan bahwa dalam bulan kitab suci nasional kita mendengarkan sabda Tuhan dan juga bisa mendaraskan doa Rosario dan dalam bulan Rosario kita berdoa Rosario juga bisa merenungkan sabda Tuhan.

Setelah pendalaman kitab Suci, Pastor Simeon SVD mengajak umat lingkungan masuk dalam suasana diaolog. Umat lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam diberi kesempatan berdialog/berkomunikasi langsung dengan Pastor. Umat sangat respound dan telibat aktif dalam  menyampaikan pertanyaan-pertanyaan, sharing dan masukan terkait seputar Kitab Suci, Liturgi, aturan-aturan dalam Gereja Katolik serta masukan untuk Komisi Kitab Suci terkait bahan panduan bulan Rosario.

Suasana selama pertemuan berjalan penuh keakraban dan persaudaraan antara sesama umat yang hadir dan juga antara umat lingkungan dengan Pastor Simeon SVD. Diakhir dari pertemuan dan sebagai harapan dari hati umat lingkungan bahwa semoga ke depannya Pastor Simeon SVD  dan dari Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Merauke bisa datang kembali berkunjung ke Lingkungan Ratu Rosario Semesta Alam.




















Umat sedang mengikuti pemahaman KS 
 
Kiriman berita KOMKAT KAME.
By Atha Kandam.. Koord. Sie Lingk. RRSA – Paroki Katdral St. F.X. Merauke.