Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Minggu, 28 April 2013

Thabisan Imam (Fr. Diakon Jacobus Java) 2013



THABISAN IMAM BARU
Fr. Diakon Jacobus Java



Setelah melewati masa Thabisan menjadi Diakon Pada tanggal 25 Juli 2012 di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius (Keuskupan Agung Merauke), kini secara resmi Uskup Agung Merauke Mgr. Nicholaus Adi Seputra MSC, menthabiskan Fr. Diakon Jacobus Java menjadi Imam Projo pada hari Minggu pagi Tanggal 28 April 2013 di Paroki Gereja St. Theresia Buti (Keuskupan Agung Merauke). dengan Motto Thabisan “DALAM KRISTUS AKU BOLEH BERMEGAH TENTANG PELAYANANKU BAGI ALLAH” (Roma. 15 : 17).
Pada saat memasuki halaman Gereja, Fr. Diakon Jacobus Java diarak-arak oleh tarian Adat Suku Marind (Papua) menuju tepat penthabisan yang telah disiapkan serta didampingi oleh Uskup, para Imam Projo, SVD, dan MSC, beserta keluarganya dari Flores. lalu dikuti oleh umat –umat lainnya. Terlihat juga disekelilingnya ada Paduan suara Vidi Aquam yang siap melantunkan lagu mereka untuk menghantar proses penthabisan Fr. Diakon Jacobus Java. maka menjadi bagian tersendiri oleh Paroki St. Theresia Buti untuk menjadi tuan rumah atas Penthabisan Imam baru itu.
Disela-sela khotbhanya Uskup Agung Merauke, beliau menceritakan tentang, profil perjalanan liku-liku hidup yang dilalui Fr. Diakon Jacobus Java. Sebelumnya, Fr. Diakon Jacobus Java ini yang biasa kita sering menyapanya dengan sebutan “Fr. Jack” berasal dari Keuskupan Ende, ia sangat berani dan selalu tabah menjalani kehidupannya, dimana ia menghabiskan masa-masa seminarinnya, boleh dibilang Fr. Diakon ini berjalan dari pendidikannya di seminari selama 17 tahun untuk mendapatkan gelar Imam yang ia dapatkan pada hari ini. Sungguh bukan waktu yang sangat begitu cepat, namun dengan kegigihannya dan ketabahannya, ia mampu untuk berkarya demi Kristus dan umatnya, Suka duka ia lewati dengan gembira serta mematuhi semua aturan yang ia tanamkan. Serta bertugas melayani dengan sungguh-sungguh di wilayah Keuskupan Agung Merauke, seperti Kampung Wanggate, Pulau Kimaam, Kampung Mur dan daerah lain. Juga pernah ia di tugaskan di Jayapura (STFT) selama 2 Tahun mengikuti proses Pembinaan bagi para frater. Itulah sisi kehidupan dari Fr. Diakon Jack.  Itulah sepenggal dari Kisah Fr. Diakon Jacobus Java. Sehingga dalam proses pentabhisan Imam ini, diharapkan bagi kaum muda katolik diajak untuk dapat mengikuti jejak Kristus dan menjadi Seorang figur Imam di tanah Papua Selatan ini.
Rencananya Imam yang sudah dithabiskan ini akan diutus kembali di Kampung Wanggate untuk melayani tugasnya sebagai seorang Imam baru di Paroki tersebut. Nama yang  dipakai adalah Pastor Jacobus Java Pr.