Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Minggu, 21 April 2013

PERAN PENTING KAUM PEREMPUAN & IBU BAGI ANAK-ANAKNYA

Salam jumpa kembali bersama saya di Blog saya ini..
Kemarin saya tidak sempat menuliskan beberapa artikel tentang Hari Kartini yang jatuh pada Tanggal 21 APRIL 2013 dikarenakan saya harus berada ditengah-tengah Anak-anak untuk mendampingi mereka dalam Minggu Panggilan 2013 Di Gereja Katedral Merauke.

Dalam peringatan hari Kartini kemarin, saya akan merefleksikan tentang peran penting seorang perempuan dan Ibu bagi Anak-anaknya.
Ibu mengandung dan melahirkan anak. Selama sekian bulan bayi mengalami situasi lahir dan batin sang ibu. Ia dapat merasakan getaran kalbu ibunya, apakah dia diterima / ditolak / mau digugurkan.  Selama di dalam kandungan, ia juga amat tergantung pada apa yang diberikan oleh ibunya. Ia menerima saja kualitas dan kuantitas makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.  
Sebelum bayi mampu makan sendiri, ia menerima kekuatan untuk hidup lewat menyusu pada ibunya. Demikian pula kedekatan dengan ibunya, turut menentukan suasan batinnya. Kontak batin ibu dengan bayi amat dibutuhkan dan “kualitas kontak batin ini akan turut menentukan kualitas batin anak”.  Semakin sering anak ditinggalkan / dilupakan, sering akan mudah sekali mengalami luka batin.  Fakta sosial lain yang diperankan oleh kaum ibu adalah  mengajari si kecil untuk berbicara, makan, berjalan dan mengerti lingkungannya. Ketika anak sakit, ibu lebih sering ada di dekat anaknya, merawat dan berkorban, dan mereka juga mengantar anak ke sekolah. Sering kita lihat ibu duduk di bangku TK bersama anaknya. 
 Nyata bahwa:
-          Banyak tugas yang diberikan Allah kepada perempuan ( membina, menggerak-kan, melindungi dan menyemangati)
-          Banyak peran yang hanya ada di tangan kaum perempuan (mengandung)
-          Banyak peran yang diakui dan diterima masyarakat : pendidikan, kesehatan, politik, perdagangan, administrasi, gizi, lingkungan hidup dll.
Kaum perempuan punya peranan besar dan penting dalam kehidupan umat manusia.  Di dalam Perjanjian Lama, perempuan disebut sebagai “penyebab datangnya dosa” ketika dia makan buah terlarang. Sebenarnya mau dikatakan bahwa pada jaman itu “kaum perempuan adalah kaum terjajah”. Mereka adalah orang-orang yang tidak berdaya. Semuanya dikuasai oleh laki-laki.  Di dalam Perjanjian Baru, Allah membaharui keadaan itu, melalui Yesus. Kaum perempuan sederajat dengan kaum laki-laki, sebab perempuan dan laki-laki adalah ciptaan Allah yang dicintai dan diberkati. Masing-masing diberi peran untuk menghadirkan dan meneruskan karya keselamatan Tuhan bagi umat manusia.

Selamat Merayakan Hari Kartini 21 April 2013….