Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Minggu, 20 Juli 2014

NASKAH DRAMA "YENI YANG MEMPUNYAI CITA-CITA"

NASKAH DRAMA "YENI YANG MEMPUNYAI CITA-CITA"

“berikut ini naskah drama perjalanan mengenai perjalanan seorang anak gadis remaja yang bernama Yeni. saat itu Yeni berumur 17 Tahun dan sedang mengenyam pendidikan di bangku kelas 3 SMA. Sehingga dalam menempuh proses cita-citanya, ia bertekad untuk menjadi seorang dokter, namun dalam kehidupan bersama pacarnya, ia hamil diluar dugaan dan diharuskan untuk tidak bersekolah sementara waktu. Tapi pada akhirya ia mendapatkan kembali sekolahnya yang ia tinggalkan, berkat dukungan dari suaminya dan kepala sekolah”.
Inilah kisahnya………………………..

Yeni adalah anak gadis remaja yang berumur 17 Tahun yang sedang menempuh jenjang pendidikan di bangku kelas 3 SMA, serta berkeinginan menjadi seorang dokter suatu saat. Namun dalam sebuah proses pendidikan yang sangat panjang diharuskan untuk dia lebih berusaha sekuat mungkin agar bisa meraih semua impiannya itu. dan itulah harapannya yang ia cita-citakan dalam dirinya.

Dalam kehidupannya yang dia jalani semasa bersekolah, Yeni bertemu dengan sesosok pria yang hadir dalam dirinya yaitu Mika, kemudian pria itu jatuh cinta kepada Yeni, dan Yeni pun menerima cintanya, lalu mereka berdua menjalaninya dari hari ke hari.
Seiringnya waktu, Mika mengajak Yeni pergi makan malam di sebuah restoran. Sambil mereka makan, keduanya bercerita-cerita membagi pengalaman pribadi masing-masing. Dan Setelah selesai makan, Mika mengajak Yeni untuk berkencan.

Dalam kencan pertama kalinya yang diajak oleh Mika, memang ada rasa keragu-raguan dalam diri Yeni, takutnya bahwa Yeni akan hamil jika mereka melakukan hal yang semestinya belum pantas dilakukan. Namun dalam sebuah konteks percintaan, Yeni memandangi pacarnya memang sangat mencintainya, dan akan serius untuk menjadi pendamping hidupnya kelak.

Beberapa Minggu kemudian Yeni merasa ada yang aneh pada dirinya, akhirnya ia mulai merasa mual dan muntah-muntah, kemudian ia sengaja membeli sebuah alat tes kehamilan di apotik terdekat rumahnya dan terbukti benar bahwa Yeni Positip mengalami kehamilan diluar pernikahan. Sehingga Kejadian yang ia alami membuat dirinya semakin berat pikiran antara ketidak nyamanan dalam hidupnya. Dan Dalam benaknya, ia merasa sangat Takut jika cowoknya suatu saat tidak mau bertanggung jawab atas kehamilan yang menimpa dirinya. Tanpa menunggu lama, Yeni pun menceritakannya kepada tantenya bahwa ia telah hamil, sehingga Yeni tidak mau ada masalah yang datang menimpa dirinya dan keluarganya.
Yeni : tante sedang apa?
Tante : tante lagi tidak ada pekerjaan hari ini, memangnya ada apa Yen, Kok mukamu kelihatan pucat banget. Kamu sakit ya?.
Yeni : tidak tante, aku baik-baik saja. Namun ada sesuatu yang aku harus ceritakan kepada tante!.
Tante : hal apa Yen? mungkin tante bisa bantu kamu.
Yeni : Yeni sudah beberapa Minggu merasa mual-mual dan muntah-muntah. Kemudian Yeni pergi ke apotik untuk membeli alat tes kehamilan ternyata Yeni hamil Tante.
Tante : apa? kamu hamil Yen? Memangnya laki-laki siapa yang tega berbuat begitu kepadamu? Sungguh keterlaluan sekali.
Yeni : Mika pacarku, tapi aku tidak mau berbuat hal yang tak mungkin kulakukan karena aku masih sekolah. Tapi karena aku tahu bahwa Mika memang sangat mencintaiku, maka aku mengalami kehamilanku ini.
Tante : sekarang kamu dan tante pergi kerumahnya Mika sesegera mungkin dan beritahu bahwa kamu hamil untuk meminta pertangung jawaban semuanya itu kepadanya.
Kemudian Yeni dan tantenya menuju rumahnya Mika, dan terlihat sangat jelas bahwa Mika lagi berada sendiri di rumahnya sambil membereskan sesuatu. Dan Mika ini bekerja disalah satu Perusahaan serta menguhuni rumah itu sebagai seorang karyawan.
Tante : selamat siang, kamu yang bernama Mika? Iya..memangnya ada apa Yeni, terus wanita ini siapa?
Yenni : dia tanteku.
Tante : oh, kamu ya yang bernama Mika, kamu tahu tidak perbuatanmu selama ini kepada keponakan saya? ia hamil karena kamu, Dan sekarang tante minta agar kamu harus bertanggung  jawab atas kehamilannya Yeni.
Mika : iya tante, aku akan bertanggung jawab atas semuanya itu, dan aku akan menikahi Yeni.
Tante : baguslah kalau kamu sudah tahu. Lalu orangtuamu dimana?
Mika :  kedua orangtuaku sudah lama meninggal dan aku anak pertama dari mereka, sehingga aku dibesarkan oleh keluargaku, dan mereka sedang berada di kota lain. Aku hanya seorang perantauan biasa disini.
Tante : apa pekerjaanmu?
Mika : aku bekerja di sebuah perusahan swasta.
Tante : baiklah, mulai sekarang kamu harus mengurus pernikahanmu dengan Yeni, karena tante tidak mau melihat ada bahan pembicaraan dan pertentangan masalah dari keluarganya Yeni kepadamu.
Mika : iya tante, Mika sangat mengerti apa yang tante maksudkan. Karena Mika sangat mencintai Yeni.

Beberapa bulan kemudian Mika dan Yeni melangsungkan pernikahan mereka dengan sangat sederhana. Kaum kerabat, orangtua, dan keluarga pun datang untuk ikut serta menghadiri pernikahan mereka.

Semenjak pasangan suami istri menikah, tentunya Mika semakin sayang kepada Yeni, dan menjaganya setiap hari, serta membantunya agar bayi mereka yang ada di dalam kandungan Yeni sehat-sehat selalu.

Setelah melewati masa kehamilan, tibalah saatnya untuk Yeni harus melahirkan seorang bayi. Maka dilahirkannya seorang bayi perempuan yang diberi nama Jesika. Mika sang Suaminya pun sangat senang, apalagi mereka siap untuk menempuh hidup yang sangat panjang.
Melewati sebuah perjalanan yang sangat panjang dan bayi mereka berumur 2 tahun, Yeni mencoba untuk harus bisa bersekolah kembali, Lalu ia membicarakannya kepada suaminya.
Yeni : Pa, ada yang harus Mama katakan kepada Papa ( sambil bergumam mengendong bayi mereka).
Mika : kenapa ma, Mama  mau ngomong apa sama papa?
Yeni : gini pa, mama mempunyai cita-cita untuk menjadi dokter, namun belum kesampaian juga karena mama hamil waktu itu sehingga mama belum bisa masuk sekolah kembali dan bertemu dengan kepala sekolah, karena mama ingin kembali bersekolah. Dan jika tamat SMA, mama mau menjadi seorang dokter di fakultas kedokteran.
Kemudian suaminya menjawab.
Mika : ia mama, papa setuju dan boleh-boleh saja, memang papa merasa sangat bersalah waktu itu sehingga mama terhambat oleh sekolah. Tapi Coba-cobalah mama bertemu dengan kepala sekolah. Siapa tahu bisa diberi kesempatan untuk kembali lagi.
Yeni : oke Pa, besok pagi mama akan kesekolah dan berbicara dengan kepsek.

Pagi-pagi sekitar jam 8 WIB. Yeni bergegas menuju sekolahnya yang dulu. Dan menemui kepala sekolah.
Yeni : tok.tok tok (ketuk pintu). Selamat pagi bu.
Kepsek: selamat pagi juga…Oh Yeni, Bagaimana kabarmu selama ini? Ibu sendiri masih ingat kamu. kamu siswi yang paling pintar, namun mengapa kamu tertimpa masalah itu sehingga kamu tidak pernah bersekolah lagi.
Yeni : iya Bu aku betul–betul minta maaf sama ibu dan para guru lainnya serta teman-teman, Karena kelalaiaanya aku sendiri, sehingga aku hamil diluar nikah, dan selama 2 Tahun aku hanya bisa berdiam dan mengurus anaku saja, Namun dalam semangatku, Aku mempunyai cita-cita yang belum terwujud yaitu aku ingin menjadi seorang dokter.
Kepsek : trus sekarang bagaimana, ada yang bisa ibu bantu dari kamu.
Yeni: iya bu, aku ingin bersekolah kembali untuk mewujudkan cita-citaku menjadi seorang dokter, dan apakah aku bisa diterima kembali di sekolah ini?
Kepsek : sebenarnya memang sudah tidak bisa lagi, sebab jika sekolah mendapati salah satu siswi ketahuan hamil diluar nikah, maka ia tidak bisa bersekolah kembali. Namun karena ibu mengerti dengan keadaanmu demi pencapaian cita-cita menjadi seorang dokter, maka ibu akan mengusahakan agar kamu bisa bersekolah kembali seperti dulu.
Yeni : trima kasih bu atas pertimbangannya.

Beberapa hari kemudian, Yeni mendapat surat balasan dari sekolah tersebut untuk  ia kembali bersekolah seperti biasanya. Maka senanglah hatinya Yeni dan suaminya.

Pesan penulis mengenai drama diatas:
Sahabat-sahabatku, memang di dunia ini begitu banyak tantangan dan godaan masalah yang akan datang kapan saja. Namun jika kita lebih percaya dan meyakinkan diri sendiri untuk mau lebih berusaha setelah masalah itu berlalu, ingatlah bahwa nilai perjuanganmu dengan sehelai makna sebuah kehidupan sangatlah penting, apapun itu masalahmu. Di kemudian hari
Terima kasih…..


Para pemeran dalam drama :
1.    Eko ( berperan sebagai Mika)
2.    Debby (berperan sebagai Yeni)
3.    Hermin (berperan sebagai KeIndahpsek)
4.    Fitri (berperan sebagai Tante Yeni)

Sumber Refleksi: Kaka Wock
Editing dan Layout : Fredirikus Fredhenz“SAHABAT ARTIKEL INDONESIA 2013 (SARTINA)” MARI BERGABUNG DENGAN SAHABAT ARTIKEL INDONESIA.
http:kakahendro.blogspot.com/atau Ruang Informasi Kaka Wock melalui Facebook.