Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Rabu, 21 Mei 2014

PENDATAAN RUMAH SEHAT DAN PENYULUHAN “PHBS” DI KAMPUNG TERI (Dekenat Kimaam)



PENDATAAN RUMAH SEHAT
DAN PENYULUHAN “PHBS” DI KAMPUNG TERI
 (Dekenat Kimaam)

Dalam rangka mewujudkan program kerja Muspas Keuskupan Agung Merauke, Komisi Kesehatan Keuskupan Agung Merauke melaksanakan kegiatan pendataan Rumah Sehat dan penyuluhan tentang Perilaku/Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Dekenat Kimaam khususnya di kampung Teri. Kampung Teri adalah salah satu kampung dari 3 kampung di Dekenat Kimaam yang di sepakati bersama dalam rapat para Tim penghubung Kesehatan dari tiap Kevikepan dan Dekenat sekeuskupan Agung Merauke.  Dekenat Kimaam memilih 3 kampung yaitu: kampung Teri, kampung  Komolom dan kampung Bamol. Maka pada tanggal 23-29 April 2014 Tim dari Komisi Kesehatan – KAME (Adriana Bona, Amd. Keb) dan Tim dari Komisi Komunikasi Sosial – KAME (Hendro Soebiakto) bersama Penghubung Kesehatan Dekenat Kimaam Bp. Mantri Konradus Wiataria mengadakan kegiatan tersebut di kampung Teri Dekenat Kimaam.
Tujuan dari Kegiatan penyuluhan PHBS yang dilakukan oleh Tim dari Komisi Kesehatan - KAME di kampung Teri adalah untuk menyadarkan para masyarakat/umat bahwa kesehatan sangat penting dan mahal harganya karena itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Masyarakat/Umat di sadarkan untuk hidup sehat tidak perlu dengan hal-hal yang sulit tapi dimulai dari hal-hal yang sederhana mulai dari bangun tidur sampai malam saat mau tidur dengan memperhatikan hal-hal pokok yaitu kebersihan diri dan kebersihan lingkungan dan diharapkan agar umat/masyarakat Teri bisa perlahan-lahan mulai merubah pola hidup mereka yang masih jauh dari apa yang diharap untuk mulai hidup bersih dan sehat. Agar masyarakat/umat Teri hidup sehat jauh dari penyakit yang tidak diinginkan.  
Selama kegiatan di sana Tim dari Komisi Kesehatan (KOMKES-KAME) melakukan beberapa kegiatan yaitu: Penyuluhan tentang PHBS bagi seluruh masyarakat/umat kampung Teri, Pendataan Rumah home by home, penyuluhan Kesehatan untuk anak-anak SD YPPK St. Yoseph Mukasa Teri tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan serta penyuluhan tentang: Kesehatan Reproduksi -  IMS, HIV/AIDS kepada para OMK kampung Teri.
Kegiatan tersebut berjalan dengan baik sampai selesai dan masyarakat/umat Teri antusias untuk berusaha perlahan-lahan merubah pola hidup yang masih jauh dari apa yang diharap menjadi lebih baik agar Program Teri kampung sehat dapat terwujud dan akan menjadi contoh kampung sehat bagi kampung-kampung yang lain