Kaka Wock

Kaka Wock
SARTINA (SAHABAT ARTIKEL INDONESIA) - Ruang Blog Untuk Menginspirasikan Wawasan Dan Berbagi Pengetahuan. Salam Kaka Wock !!!

Kamis, 21 Agustus 2014

SECARA KUANTITATIF UMAT KATOLIK TERUS MENINGKAT

SECARA KUANTITATIF UMAT KATOLIK TERUS MENINGKAT


Satu abad lebih sejak gereja katolik masuk di Tanah Selatan Papua khususnya di Merauke hingga Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109, umat katolik secara kuantitif terus meningkat. Hal itu ditandai dengan kegiatan spiritual katolik seperti upacara sakramen pembaptisan yang secara rutin di gereja-gereja katolik.

 Pembatisan di gereja-gereja, setiap paroki dan stasi dilakukan setiap tahunnya bahkan setiap bulan sehingga proses yang terjadi di dalam gereja katolik terus berjalan,”ungkapnya. Pastor Yohanes Kandam, Pr, kepada wartawan disela-sela kegiatan HUT Injil masuk di Tanah Papua Selatan ke-109 di Halaman Patung Hati Kudus Yesus Kompleks Bandara Mopah Merauke, Kamis tanggal 14 2014.

Dikatakan, kehidupan iman umat katolik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kehidupan keluarga, pendidikan baik secara formal dan non formal di sekolah-sekolah dan katakese di lingkungan gereja. Sedangkan soal seseorang yang mau berpindah ke agama lain, itu sifatnya sangat pribadi dan tergantung pada diri seseorang dan gereja tidak bisa mengintervensi keinginan seseorang dalam memilih kepercayaannya.

Situasi dan kondisi yang diciptakan sekarang untuk membina iman umat itu di setiap paroki sudah disediakan seperti kegiatan-kegiatan lingkungan gereja dan lainnya. Sedangkan untuk minat seseorang untuk terlibat didalam kegiatan-kegiatan tersebut tergantung pribadi masing-masing orang. Saya yakin kalau terlibat dalam kegiatan-kegiatan itu pasti dia akan terbantu dari segi kehidupan imannya dan sebaliknya kalau dia mulai malas dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan rohani gereja, dia akan mudah dipengaruhi oleh godaan-godaan yang menjerumuskan dia ke dalam hal-hal negatif,”katanya.
   
Karena itu, moment peringatan HUT injil masuk di Papua Selatan ke-109 ini dapat menjadi refleksi bagi umat katolik dan juga melalui perayaan HUT injil masuk di Papua Selatan, maka pemeliharaan iman dan dapat dikembangkan iman umat katolik sehingga dapat menjadi penyemangat dan kekuatan umat agar semakin bertumbuh. Saya harapkan, bagi umat katolik yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus agar tetap memegang komitmennya bersama gereja katolik. Jangan hanya karena kebutuhan material duniawi dan perkawinan yang emosional lalu tinggalkan gereja katolik, kalau memang itu merupakan jalan yang benar jangan ditinggalkan dan juga sebaliknya,”imbuhnya.

By Kaka Wock.